Header Ads

Bancaan kondangan Desa wareng

Bancaan atau Kondangan adalah, merupakan tradisi yang masih melekat di Desa Wareng Kecamatan Punung Kabupaten Pacitan Kondangan pada umumnya, untuk berdo`a memperingati kelahiran seseorang pada bulan Suro dalam penanggalan Jawa. Kondangan juga sebagai media untuk mendo`akan orang tua, saudara, kakek nenek dan yang lainnya yang telah meninggal. Kondangan juga di gunakan untuk mensyukuri harta benda, seperti sapi warga beranak, baru membeli sepeda motor, dan lain-lain.

Kondangan, kegiatan kegiatan yang dilakukan saat acara Kondangan adalah berkumpul di ruang tamu di rumah yang punya hajatan, duduk di lantai membentuk sebuah lingkaran. Sebelum berkumpul, biasanya tuan rumah mengundang tamu secara langsung ke kediaman mereka. Ditengah tengah lingkaran warga, biasanya tersaji berbagai macam hidangan, antara lain Nasi Bucu, Ingkung, Sepiring Serundeng, dan kentang goreng. Hidangan hidangan itu biasanya akan di berikan kepada hadirin saat pulang.

Walaupun Banyak yang merupakan menghukumi bahwa bancaan itu adalah haram tetapi pada dasarnya bancaan tersebut mengandung manfaat diantara nya sebagai ajang silaturohmi, sodaqah dan lain-lain.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.