Header Ads

Ngobak Kali

Masyarakat Desa Wareng, menggelar upacara adat Ngobak Kali yang dilakukan sekali dalam setahun setelah selesai masa panen. Tujuan utamanya adalah mengeduk atau membersihkan Sumber Air/ Kolam/ Belik dari kotoran. Karena sumber ini menjadi sandaran hidup penduduk Desa Wareng. Dalam ritual adat tersebut, seluruh pemuda desa terjun ke kolam untuk membersihkan kotoran dari dalam sumber mata air/ kolam/ belik. Dalam sesi akhir membersihkan mata air, di masukkan beberapa ikan dalam kolam/ belik yang mempunyai besar ukuran bervariasi.
Pemuda desa yang ikut dalam upacara ngobak kali akan berebut untuk menangkap ikan yang dimasukkan panitia dalam kolam/ belik. Bagi siapa saja yang mampu menangkap ikan dengan ukuran paling besar adalah pemenang dari lomba adat ngobak kali tahun itu. Ritual ini berawal dari warisan leluhur yang dulu pernah bertapa di wareng untuk mencari ketenangan dan kesejahteraan hidup. Setelah bertapa lama, tepat di hari Selasa Kliwon, jasad leluhur dipercaya hilang dan muncullah air sumber di desa wareng. Ritual ini berawal dari pengedukan atau pembersihan kotoran di dalam kolam/ belik. Seluruh pemuda desa terjun ke air sumber untuk mengambil sampah dan daun-daun yang mengotori kolam dalam setahun terakhir. Dalam proses ini, diwarnai mandi lumpur oleh para pemuda yang terjun ke air. "Mandi lumpur ini dipercaya warga desa setempat untuk membersihkan badan kita. Selain itu, mandi lumpur dipercaya dapat awet muda dan sehat. Setelah itu, ritual dilanjutkan dengan  penyilepan kendi ke dalam sudut kolam. Kemudian dilanjutkan dengan penyiraman air legen dan penyeberangan sesaji dari arah timur ke barat sumber. Sesaji tersebut berisi makanan khas Jawa seperti, jadah, jenang, rengginang, lempeng, tempe, yang ditambah buah pisang, kelapa, bunga, dan telur ayam kampung.

Setelah ritual selesai, warga desa beramai-ramai mengambil air sumber yang mengalir jernih. Ada yang ditempatkan di botol, ada yang ditempatkan di ember, bahkan ada pula yang langsung mandi di pinggiran sumber tersebut. Air sumber yang baru keluar setelah upacara ngobak kali sangat berkhasiat, selain untuk kesehatan, air ini juga bisa membuat awet muda.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.