Header Ads

Paguyuban Seni Goa Tabuhan "Ngudi Laras Selo Agro"

Goa ini lebih terkenal dengan goa Tabuhan karena sering digunakan warga setempat untuk kegiatan kesenian, dengan cara memukul stalagtit di dalam goa hingga mengeluarkan suara seperti gamelan. Goa Tabuhan berlokasi di bukit kapur Tapan dengan pembentukan stalagtit dan stalagmit yang diyakini sudah berlangsung beratus tahun lalu, karena adanya reaksi kimia antara hujan dan mineral kapur. Dengan panjang rata-rata hingga tujuh meter dan diameter hingga satu meter, stalagtit dan stalagmit di goa yang termasuk wilayah Dukuh Tabuhan, Desa Wareng ini tampak menyerupai pilar-pilar raksasa yang sangat menakjubkan.

Awalnya goa ini bernama Goa Tapan karena terletak di perbukitan kapur Tapan. Menurut sejarah setempat, goa ini ditemukan oleh Kyai Santiko yang pada waktu itu kehilangan sapi, dan akhirnya ditemukan di goa ini. Lalu, goa ini dibersihkan dan diambil oleh Raden Bagus Joko Lelono dan Puteri Raden Ayu Mardilah. Goa ini terlihat besar dari luar, dan begitu masuk Anda langsung disuguhi kubah yang megah, lengkap dengan stalaktit (batuan yang berbentuk seperti tiang dan menempel di atap goa) dan stalagmit (seperti stalaktit, namun menempel di dasar goa). Namun bila Anda menjelajah lebih dalam, Anda hanya akan menemukan jalan kecil buntu yang ujungnya dipercaya sebagai tempat bertapa Pangeran Diponegoro dan pengikutnya. Stalaktit Stalakmit di Goa Tabuhan.
Yang unik dari Goa ini adalah adanya stalaktit dan stalakmit yang jika dipukul mengeluarkan suara nyaring dan merdu. Oleh karena itu, goa ini kerap digunakan sebagai pentas musik jawa tradisional dengan hanya kendang, stalaktit, dan stalakmit sebagai instrumentnya. Sulit dipercaya memang jika belum menyaksikan langsung. Goa Tabuhan merupakan salah obyek wisata goa yang berada di Kabupaten Pacitan, Goa Tabuhan keunikan tersendiri dari segi penamaannya dikarenakan stalagtit dan stalagmitnya pesinden atau waranggono.
Begitu hingga tujuan obyek wisata Goa Tabuhan ini, terlihat parkiran cukup luas, selang beberapa menit berjalan terlihat disekitarnya para penjual souvenir-souvenir, hingga hingga loket pembayaran tiket obyek wisata Goa Tabuhan. Lalu masuk untuk melihat pemandangan sekitar area Goa Tabuhan ini. Terlihat juga para peneliti atau ahli dibidang purbakala yang meneliti sesuatu kemungkinan fosil atau benda bersejarah, dan para Artis terlihat juga disitu. Menurut warga sekitar/sesama pengunjung yang Kami tanya ternyata Goa Tabuhan ini juga untuk ajang pentas seni untuk Artis. Ini memang kolaborasi yang unik antara tempat rekreasi dan seni kebudayaan jadi satu untuk menggait minat pengunjung, mencerminkan keanekaragaman budaya wisata Indonesia.

Obyek wisata Goa Tabuhan ini mempunyai beberapa fasilitas yang tersedia seperti rumah makan, MCK, penjual souvenir, Musholla dan tempat parkir. Oleh-oleh khas obyek wisata Goa Tabuhan Pacitan Bisa ditemui disini berupa batu mulia atau akik sebagai souvenir yang terpopuler dan Bisa dibeli dengan harga terjangkau. Setelah puas menikmati keindahan panorama Goa, anda juga bisa menikmati keunikan Goa ini yang lainnya, yaitu menikmati konser musik jawa dengan batu Goa sebagai alat musiknya. Cukup dengan biaya 70.000,00 anda bisa menikmati pesona simphoni musik yang dihasilkan dari batuan Goa. Akhirnya selamat datang di Goa ‘Musik Jawa’ Pacitan, Goa Tabuhan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.