Header Ads

Salawatan Kataman Nabi

Desa Wareng juga dikenal dengan adanya budaya lelulur berupa “Sholawat Khataman Nabi”. Dimana merupakan budaya yang sudah ada sejak dulu. Karena itu, semua dusun yang berada di Desa Sewulan, mempunyai group Sholawat Khataman Nabi. Jadi Sholawat Khataman Nabi, sudah ada sejak jaman leluhur kami. Kami selaku anak cucu, tinggal melestarikan. Pokoknya kalau ada warga yang punya hajat, sebagian besar pasti menggelar Sholawat Khataman Nabi. Misalnya acara khitanan atau sepasaran bayi.

Sholawat Khataman Nabi, sedikitnya dipentaskan oleh 25 orang. Sedangkan musik pengiringnya berupa gendang dan gembrong yang ditabuh oleh laki-laki maupun wanita. paguyuban ini sengaja melestarikan budaya bernuansa Islami ini dengan madsud agar anak anak kami tidak terpengaruh oleh budaya barat. Karena pada Sholawat Khataman Nabi, ada nilai luhur yang adiluhung. Ini juga untuk mensinergikan warga agar selalu guyub rukun.

Sholawat Khataman Nabi ini mengisahkan tentang perjalanan Nabi Mohammad SAW, mulai sejak lahir hingga menjadi Rasul. Dari biografi Nabi akhir jaman yang dikemas dalam seni budaya Sholawat Khataman Nabi, diharapkan masyarakat muslim setempat selalu mengingat perjuangan Nabi Mohammad SAW dan mencontoh perilakunya. Dan agar mudah dipahami, kami menggunakan bahasa Jawa. Kalau naskah aslinya menggunakan huruf Arab. Kemudian disalin ke dalam huruf Latin dalam bahasa Jawa.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.